Saturday, August 16, 2014

Wisata Alam Curug Siklothok dan Silangit

Curug Siklothok
Curug Siklothok merupakan air terjun yang memiliki medan alami dengan batu-batu kerikil serta dikelililingi deretan pepohonan hijau dengan lanskap perbukitan.  Kesegaran air asli pegunungan juga semakin menambah daya tarik dari obyek wisata ini. Konon, apabila seseorang pengunjung mandi di Curug Siklothok akan membuat kesialan ataupun penyakit yang ada padanya “nglothok” (mengelupas) sesuai dengan nama curug tersebut yakni curug si- klothok.


Curug Siklothok menyimpan keindahan alam yang masih sangat asri dengan kesegaran air yang mengalir dari tiga mata air yang bertemu menjadi satu dan mengalir melewati curug Siklothok. Ketiga mata air tersebut berasal dari mata air gunung Irengan, mata air gunung Jepati dan mata air Katerban. Ketiga mata air tersebut mengalir melewati daerah Sribit, Jogowono, Cumpel, kemudian melewati kedung Krawakan, Curug Silangit, Kedung Kendit, Kedung Malang, Kedung Kuwali, Kedung Lesung, Kedung Ndawa, Curug Siklothok, Kedung Bunder dan Kedung Jonggol. Pemberian nama curug Siklothok diambil dari nama blok hutan tempat curug berada, yaitu blok hutan Siklothok.
Curug Silangit 
Selain Curug Siklothok,  di sekitar tempat tersebut terdapat pula Curug Silangit yang cukup tinggi hingga dinamakan “Silangit.” Tempat ini juga menyimpan banyak misteri yang dipercaya oleh warga sekitar. Salah satunya yang terkenal adalah adanya beberapa kera yang ditembak mati oleh penjaga keamanan desa karena merusak tanaman warga, namun kera-kera tersebut hidup kembali saat dilemparkan ke Curug Silangit.