Friday, August 22, 2014

Durian Nan Lezat dari Desa Kaligono

Durian
Durian adalah komoditas andalan desa Kaligono. Kegiatan budidaya durian di desa Kaligono terbilang unik. Pohon durian dibiarkan tumbuh liar di alas. Jika masuk ke dalam alas, terdapat pohon durian berusia ratusan tahun yang masih tetap berbuah lebat. Ukuran pohonnya raksasa, sehingga dibutuhkan tangan dua orang dewasa untuk dapat melingkari batangnya. Panen durian pada Desember hingga Februari.
Petani ketika bekerja tidak memakai pupuk kimia, melainkan hanya mengandalkan pupuk alami berupa pupuk kandang. Hal ini diyakini dapat menciptakan rasa yang khas dan daging buah yang tebal pada durian desa Kaligono. Cara memanen durian pun berbeda dengan pemanenan di perkebunan durian. Durian yang sudah masak tidak dipetik melainkan dibiarkan hingga jatuh baru kemudian dikumpulkan. Durian yang jatuh dengan sendirinya dari pohon memiliki tingkat kemasakan yang terbaik sehingga cita rasa yang tinggi tetap terjaga.
Panen Durian Kaligesing
Para penikmat durian yang ingin membeli durian khas desa Kaligono disarankan untuk datang dan membeli langsung durian dari petani di desa Kaligono. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa durian yang dibeli benar-benar memiliki kualitas nomor satu. Harga yang sedikit lebih mahal pun sepadan dengan kenikmatan rasa durian yang didapat. Pembeli dapat langsung menikmatinya di rumah penjual durian ataupun dibawa pulang. Bonus yang didapat jika pembeli menikmati durian ditempat adalah pembeli dapat berinteraksi langsung dengan warga dan menikmati suasana desa Kaligono yang masih asri. Penduduk yang ramah membuat pembeli serasa di rumah sendiri dan betah berlama-lama singgah di desa Kaligono.